Selasa, 01 November 2011

RPP BK TP 2 KELAS7/1

 
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
(RPBK)

Kelas / Semester                      : VII / Ganjil
Alokasi waktu                         : 1 x 40 menit
Topik / Materi                         : "Perubahan masa remaja"
Tugas perkembangan 2          : Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis
terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk        kehidupan yang sehat.
Bidang Bimbingan                  : Pribadi
Fungsi Bimbingan                   : Pemahaman diri
Jenis Layanan                          : Informasi
I.             Standart Kompetensi     : Memahami perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
II.          Kompetensi Dasar          : Fakta perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja
III.        Indikator  :
Produk
    1. Menyebutkan 5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja
    2. Membedakan perubahan fisik dan psikis pada remaja putra dan remaja putri
Proses
    1. Mengidentifikasi 3 contoh perubahan fisik dan psikis yang  terjadi pada diri sendiri
    2. Menjelaskan alasan perubahan fisik dan psikis pada usia remaja secara sederhana
Ketrampilan
    1. Berperilaku positif dalam menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
IV.        Nilai – nilai dan Karakter Bangsa :
    1. Rasa ingin tau dan Mandiri dalam kehidupan yang sehat.
V.           Tujuan    :
Produk
    1. Diberi pertanyaan tentang perubahan masa remaja siswa dapat menyebutkan 5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja
    2. Diberi tugas untuk diskusi siswa dapat membedakan perubahan fisik yang terjadi pada remaja putra dan remaja putri
Proses
    1. Diberikan gambaran dan penjelasan tentang perubahan masa remaja siswa dapat mengidentifikasi perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
    2. Ditanyakan tentang alasan perubahan masa remaja siswa dapat menjelaskan tentang alasan perubahan fisik dan psikis yang dialami pada masa remaja
Ketrampilan
    1. Dalam berperilaku sehari hari siswa dapat berpeilaku positif dalam menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
VI.       Topik / Materi                : "Perubahan Masa Remaja"
VII.     Metode                          : 1. Model Bimbingan Klasikal
  2. Model Bimbingan Kelompok
  Metode  Presentasi, diskusi dan pemberian tugas






VIII.  Kegiatan                        :
Pendahuluan (5 menit)
    1. Memotivasi siswa sekaligus memberikan penjelasan dan gambaran fakta perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
    2. Menyampaikan inti tujuan bimbingan meliputi produk, proses dan ketrampilan sosial.
Inti (25 menit)
    1. Guru BK menanyakan alasan terjadinya perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
    2. Guru BK menunjukkan 3 gambar yang terdiri dari 1 gambar orang dewasa, 1 gambar anak remaja, dan 1 gambar anak balita
    3. Siswa diminta mengidentifikasikan perbedaan dan perubahan yang terjadi dari masa kanak kanak menuju masa remaja.
    4. Guru BK meminta siswa untuk mendiskusikan  5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
    5. Guru BK meminta 10 siswa untuk menyebutkan satu persatu perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada dirinya sendiri
    6. Guru BK memberikan penjelasan bagaimana seharusnya bersikap menghadapi masa remaja
    7. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan berpendapat tentang materi yang sedang dibahas
Penutup (10 menit)
v  Guru BK menekankan dan memberikan penguatan akan pentingnya bersikap menerima secara positif terhadap setiap perubahan yang terjadi pada diri sendiri
v  Siswa diberi tugas merangkum
IX.        Alat dan Sumber Belajar :
Sumber belajar               : Buku Bimbingan dan Konseling SMP
Alat                                : LCD, Buku siswa
X.          Penilaian                         : 1. Pengamatan terhadap layanan BK
  2. Tertulis
            a. Lp Produk
            b. Lp Proses





Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs. JUKI, M.Pd
NIP. 196603091999031001
Kepohbau, 01 Juli 2011
Guru BK




MOCH. MUFID MURTADHO S.Pd



PERUBAHAN MASA REMAJA

Text Box: Tujuan Pembelajaran 
1. Siswa dapat menyebutkan 5 perubahan fisik dan psikis pada masa remaja
2. Siswa dapat membedakan perubahan yang terjadi pada remaja putra dan remaja putri
3. Siswa dapat menyebutkan cara cara bersikap positif dalam menerima perubahan yang terjadi pada dirinyaText Box: Mata pelajaran   : Bimbingan Konseling
Bidang Bimbingan   : Karir
Kelas / Semester   : VII / Ganjil
Topik   : Perubahan Masa Remaja
Tugas perkembangan 2 : Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif dan dinamis 
  terhadap   perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
  untuk kehidupan yang sehat.  Ringkasan Materi
            Masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak kanak menuju masa dewasa. Manurut klasifikasi World Health Organization (WHO) masa remaja terjadi antara usia 10 s/d 19 tahun. Pada masa tersebut terjadi, remaja mengalami pertumbuhan fisik yang sangat pesat, sehingga apabila remaja tidak mendapatkan penjelasan yang baik tentang perkembangan ini dari orang dewasa, maka akan dapat menimbulkan kegoncangan pada mentalnya.
            Masa remaja disebut juga masa puber, dimana terjadi banyak perubahan dalam diri remaja baik secara fisik maupun mental. Adapun ciri ciri perubahan yang terjadi pada masa remaja secara biologis dan sosiologis antara lain :
Remaja pria :
*      Tumbuh rambut pada daerah tertentu
*      Suara jadi membesar
*      Tumbuh jakun pada tenggorokannya
*      Mulai berfungsi organ reproduksinya
*      Dada dan bahu semakin bidang
*      Mengalami mimpi basah
Remaja putri :
*      Tumbuh rambut pada daerah tertentu
*      Dada dan pinggul membesar
*      Suara cenderung melengking
*      Mulai berfungsi organ reproduksinya
*      Menstruasi
*      Gelisah bila mendekati menstruasi
*      Kulit cenderung halus dan tumbuh jerawat
Sedangkan ciri ciri perubahan mental atau psikis pada masa remaja antara lain :
*      Cenderung emosional, mudah marah, takut, cemas, rasa ingin tahu dan lain lain
*      Munculnya rasa tertarik antara laki laki terhadap perempuan atau sebaliknya
*      Ingin diperlakukan seperti orang dewasa
*      Keadaaan emosi yang tidak stabil, kesedihan tiba tiba berganti kegembiraan, rasa percaya diri tiba tiba berganti ragu ragu, biasanya mementingkan orang lain tiba tiba mementingkan diri sendiri.
*      Mencari jati diri dengan mengidolakan orang orang sukses di sekitarnya atau orang yang dikenalnya

Masa remaja juga ditandai dengan munculnya berbagai permasalahan yang harus dihadapi, antara lain :
ü  Masalah yang berhubungan dengan keadaan jasmaninya
ü  Masalah yang berhubungan dengan keluarga dan masyarakatnya
ü  Masalah yang berhubungan dengan lawan jenisnya
ü  Masalah yang berhubungan dengan mental dan emosinya
ü  Masalah yang berhubungan dengan rasa ingin tahu dan cita citanya dan lain lain

Apa yang harus dikerjakan oleh remaja supaya mereka dapat beradaptasi dengan perubahan diri sendiri dan dapat diterima oleh lingkungannya  ?
Tugas perkembangan remaja yang harus dilakukan antara lain :
a.       Menerima keadaan jasmaninya
b.      Mendapatkan hubungan yang baru dan lebih matang dengan teman teman sebaya baik pria maupun wanita
c.       Menerima keadaannya sebgai pria atau wanita dan belajar hidup sesuai dengan keadaannya
d.      Mendapatkan gambaran mengenai dirinya sendiri
e.       Mendapatkan kemampuan untuk mandiri dalam masalah ekonomi
f.       Mendapatkan kebebasan emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
g.      Mendapatkan nilai hidup dan falsafah hidup
            Masa remaja merupakan masa yang paling penting, yang akan menentukan keberhasilan pada masa selanjutnya. Secara fisik usia remaja berada pada periode perkembangan yang optimal dibanding periode lainnya, remaja punya cukup banyak energi yang dipergunakan, punya otot otot fisik yang kuat. Secara psikis kemampuan konsentrasi remaja ada dalam kondisi prima. Seorang remaja mampu mengingat jauh lebih baik dibanding kemampuan mengingat jauh lebih baik dibanding kemampuan mengingat orang dewasa dan anak anak.
            Menjadi remaja memang tidak mudah karena memang banyak sekali tantangan dan permasalahan yang harus dihadapi, namun semua itu tergantung pada diri remaja itu sendiri bagaimana cara mengatasinya, asal ada kemauan pasti ada jalan. Ada dua hal yang penting bagi remaja :
1.      Mengenal diri sendiri
2.      Menentukan arah dan cita cita sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan diri

Good Luck

























Tugas dan Latihan Pemecahan Masalah
A.    Tuliskan perubahan fisik yang kamu alami  dan masalah yang timbul akibat dari perubahan itu !
No
Perubahan fisik
Masalah yang timbul akibat perubahan itu
1
Tumbuh bulu dan rambut pada daerah tertentu
..........................................................................
2
.................................................................
...........................................................................
3
.................................................................
...........................................................................
4
.................................................................
...........................................................................
5
.................................................................
...........................................................................
6
.................................................................
...........................................................................
7
.................................................................
...........................................................................

B.     Tuliskan perubahan psikis yang kamu alami  dan masalah yang timbul akibat dari perubahan itu !
No
Perubahan Psikis
Masalah yang timbul akibat perubahan itu
1
Mudah marah
..........................................................................
2
.................................................................
...........................................................................
3
.................................................................
...........................................................................
4
.................................................................
...........................................................................
5
.................................................................
...........................................................................
6
.................................................................
...........................................................................
7
.................................................................
...........................................................................

C.     Diskripsikan sifat sifat dan ciri ciri psikis dari diri kamu sendiri !

1.      Siapakah saya ?
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________

2.      Apakah kelebihan saya ?
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________

3.      Apakah kelemahan / kekurangan saya ?
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
 
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
(RPBK)

Kelas / Semester                      : VII / Ganjil
Alokasi waktu                         : 1 x 40 menit
Topik / Materi                         : "Rokok dan bahayanya"
Tugas perkembangan 2          : Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis
terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.
Bidang Bimbingan                  : Pribadi
Fungsi Bimbingan                   : Pemahaman dan pencegahan
Jenis Layanan                          : Informasi
I.             Standart Kompetensi     : Memahami perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
II.          Kompetensi Dasar          : Cara Pengembangan pengaruh positif dan menghindari pengaruh negatif
III.        Indikator  :
Produk
    1. Menyebutkan 3 dampak negatif merokok
    2. Membedakan perilaku yang sesuai dengan pola hidup sehat dan pola hidup tidak sehat
Proses
    1. Mengidentifikasi 3 contoh perubahan fisik dan psikis yang  terjadi pada diri sendiri
    2. Menjelaskan alasan perubahan fisik dan psikis pada usia remaja secara sederhana
Ketrampilan
    1. Berperilaku positif dalam menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
IV.        Nilai – nilai budaya dan karakter bangsa.
    1. Mandiri dalam hidup yang sehat.
V.           Tujuan    :
Produk
    1. Diberi pertanyaan tentang perubahan masa remaja siswa dapat menyebutkan 5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja
    2. Diberi tugas untuk diskusi siswa dapat membedakan perubahan fisik yang terjadi pada remaja putra dan remaja putri
Proses
    1. Diberikan gambaran dan penjelasan tentang perubahan masa remaja siswa dapat mengidentifikasi perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
    2. Ditanyakan tentang alasan perubahan masa remaja siswa dapat menjelaskan tentang alasan perubahan fisik dan psikis yang dialami pada masa remaja
Ketrampilan
    1. Dalam berperilaku sehari hari siswa dapat berpeilaku positif dalam menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
VI.       Topik / Materi                : "Perubahan Masa Remaja"
VII.     Metode                          : 1. Model Bimbingan Klasikal
  2. Model Bimbingan Kelompok
  Metode  Presentasi, diskusi dan pemberian tugas

VIII.  Kegiatan                        :
Pendahuluan (5 menit)
    1. Memotivasi siswa sekaligus memberikan penjelasan dan gambaran fakta perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
    2. Menyampaikan inti tujuan bimbingan meliputi produk, proses dan ketrampilan sosial.
Inti (25 menit) BELUM
    1. Dalam keadaan siswa duduk berkelompok guru BK menanyakan alasan perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja ?
    2. Guru BK meminta siswa untuk mendiskusikan  5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
    3. Guru BK meminta siswa untuk mendiskusikan suatu kasus dan mengidentifikasi sikap positif dan negative dalam menghadapi masalah untuk mengembangkan karir
    4. Guru BK memberi gambaran tentang sikap positif dalam menghadapi masalah untuk mengembangkan karir
    5. Secara bergantian masing-masing kelompok menyajikan hasil kerja kelompok, siswa dari kelompok lain menanggapi.
Penutup (10 menit)
v  Guru BK menekankan dan memberikan penguatan akan pentingnya bersikap positif dalam menghadapi masalah
v  Siswa diberi tugas merangkum
IX.        Alat dan Sumber Belajar :
Sumber belajar               : Buku Bimbingan dan Konseling SMP
Alat                                : LCD, Buku siswa
X.          Penilaian                         : 1. Pengamatan terhadap layanan BK
  2. Tertulis
            a. Lp Produk
            b. Lp Proses



Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs. JUKI, M.Pd
NIP. 196603091999031001
Kepohbau, 01 Juli 2011
Guru BK




MOCH. MUFID MURTADHO S.Pd


























ROKOK DAN BAHAYANYA

Text Box: Tujuan Pembelajaran 
1. Siswa dapat menyebutkan 4 macam zat berbahaya yang terkandung dalam rokok 
2. Siswa dapat mengidentifikasi 3 dampak negatif merokok
3. Siswa dapat menjelaskan alasan untuk berperilaku hidup sehat dan tidak merokokText Box: Mata pelajaran   : Bimbingan Konseling
Bidang Bimbingan   : Karir
Kelas / Semester   : VII / Ganjil
Topik   : Rokok dan bahayanya
Tugas perkembangan 2 : Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif dan dinamis 
  terhadap   perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
  untuk kehidupan yang sehat.  Ringkasan Materi
            Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa merokok itu sebagai suatu kebanggaan. Karena dengan merokok orang lain akan melihat bahwa si perokokk menjadi sosok individu yang berdompet tebal alias banyak uang. Ada pula yang berpendapat merokok sebagai simbil kelaki lakian,  sehingga kalau ada seorang laki laki yang tidak merokok dianggap kurang gentelman.
            Pernyataan pernyataan di atas tidak bisa dibenarkan begitu saja, apa iya sih untuk mengetahui kondisi seseorang cukup diukur dengan sebatang rokok ? tanpa disadari kadangkala pernyataan tersebut bisa mempengaruhi pikiran seseorang untuk merokook tanpa memperhatikan efek negatifnya.
            Bagi sekelompok orang, merokok menjadi suatu keharusan karena mereka sudah memasuki "tahap pecandu". Kenapa orang bisa menjadi pecandu rokok ? karena dalam setiap batang rokok itu mengandung nikotin yang berakibat menimbulkan rasa ketergantungan atau ingin menggunakan kembali secara terus menerus. Itu sebabnya banyak perokok yang ingin menghentikan kebiasaan merokoknya menjadi hal yang amat sulit.
      Lalu bahaya dan kerugian merokok itu apa saja ? secara ringkas tentang bahaya merokok diantaranya sebagai berikut :
  1. Bahaya bagi kesehatan tubuh
Menurut hasilk penelitian, ternyata rokok mengandung zat zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Zat kimia yang dimaksud sepeeti hidrogen sianide (racun yang biasa digunakan untuk hukuman mati), Arsenic (racun semut putih), butone (bahan industri korek api), Carbon monoxide (gas beracun yang keluar dari knalpot), nekotin (racun pada tembakau), dan lain lain.
Wah bayangkan saja organ tubuh kita banyak yang rusak dan kita mudah terserang penyakit. Menurut medis bahaya merokok bisa mengakibatkan sakit paru paru, jantung, liver, kangker, kemandulan, impotensi dan lain lain.
Pada sebuah mading di rumah sakit kita temui ungkapan tertulis " matikan rokok anda sebelum rokok mematikan anda". Wah sampai sejauh itu ya saran tim medis. Dalam hal ini pemerintah jugas sudah memberi peringatan kepada warga masyarakat, baik melalui penyuluhan secara langsung maupun melalui media tertentu, bahkan pada bungkus rokok juga tertulis dengan jelas.
  1. Kerugian merokok dilihat dari segi sosial
Hembusan asap dari seorang perokok disadari atau tidak, ternyata bisa merugikan orang lain. Selain menimbulkan polusi udarayang tidak menyehatkan, asap rokok juga mengganggu kenyamanan dan keamanan bagi orang lain. Itu sebabnya bila merokok disembarang tempat tanpa melihat situasi dan kondisi, perokok seringkali menerima sindiran atau kecaman dari orang lain. Wah repot juga jadi perokok ? Pecandu rokok terkadang bersikap kurang kendali dalam merokok. Hal itu muncul karena unsur ketagihan atau dorongan rasa candu yang sudah menyerang psikologisnya. Pecandu rokok ada yang menyatakan " saya tidak bisa berfikir dengan tenang jika tidak sambil merokok. Ini artinya pengaruh negatif rokok sudah mengganggu fungsi susunan syaraf dan kinerja otak manusia.
Dalam kondisi sosial tertentu, misalnya acara rapat kerja, diskusi ilmiah dan lain lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi, tentu kita jadi serba salah kalau mengalami ketergantungan pada si batang rokok. Pada akhirnya pengembangan kualitas diri kita terhambat dan kurang bisa optimal.
  1. Kerugian merokok dari segi ekonomi
Kebanyakan awal mula seseorang menjadi perokok disebabkan oleh faktor pergaulan. Mula mula seseorang disuruh coba coba bahkan diberi  cuma Cuma atau gratis oleh orang atau teman perokok. Tentu saja dari segi keuangan belum terasa, tetapi lama kelamaan mau rokok ... jangan minta, beli ...! tanpa disadari isi dompetpun kian hari semakin menipis buat membeli asap rokok. Bagi mereka yang sudah kerja dan punya gaji besar mungkin tidak ada masalah, tetapi bagi mereka yang gajinya kecil atau pas pasan bisa jadi masalah besar. Lalu bagaimana dengan yang pengangguran ? bagaimana juga dengan anak remaja yang belum bekerja ? sumber dana hanya dari orang tua, apalagi ekonomi orang tua tergolong pas pasan. Belum lagi kalau terserang penyakit kronis, seperti paru paru, jantung, liver dan lain lain. Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk biaya pengobatan ? bisa bisa kondisi keuangan keluarga kita jadi ludes alias berantakan. Haruskah kita menjadi perokok ?
















Tugas dan Latihan Pemecahan Masalah
Andi adalah seorang remaja berusia 18 tahun, ia sakit dan setelah menjalani pemeriksanaan oleh tim medis secara intensif, Andi dinyatakan positif mengidap sakit jantung. Andi mengakui memang dirinya sudah lama merokok, sehingga dokter menganjurkan Andi untuk opname selama  proses pengobatan. Andi yang menjadi salah satu siswa SMU Tunas Bangsa itu terbaring lemah dan sudah 3 minggu tidak bisa masuk sekolah, padahal seminggu lagi waktunya ujian semester.
Orang tua Andi  baru mengetahui kalau anaknya pecandu rokok. Orang tua Andi nampak kebingungan, disatu sisi melihat anaknya terbaring sakit, disisi lain harus berfikir tentang biaya pengobatan yang cukup mahal padahal kondisi ekonomi keluarga sangat lemah.

Dari gambaran cerita Andi diatas, bentuklah kelompok dan diskusikan dengan teman kamu pertanyaan dibawah ini !
1.     Sebutkan 3 dampak negatif kebiasaan Andi merokok ?
2.    Apakah sikap Andi tersebut sudah mengikuti pola hidup sehat ?
3.    Sebagai teman yang baik, tindakan apa yang bisa kamu lakukan untuk temanmu yang mengalami masalah seperti contoh diatas ?
4.    Apa yang sebaiknya kamu lakukan, jika kamu ditawari rokok oleh teman kamu padahal kamu bukan perokok ?
5.    Setelah memahami dampak negatif rokok, apa keputusan kamu dalam hal ini ? jelaskan pendapatmu !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar