RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN
KONSELING
(RPBK)
Kelas / Semester :
VII / Ganjil
Alokasi waktu :
1 x 40 menit
Topik / Materi :
"Perubahan masa remaja"
Tugas
perkembangan 2 : Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta
dinamis
terhadap
perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.
Bidang Bimbingan :
Pribadi
Fungsi Bimbingan :
Pemahaman diri
Jenis Layanan :
Informasi
I.
Standart Kompetensi :
Memahami perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
II.
Kompetensi Dasar :
Fakta perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja
III.
Indikator :
Produk
- Menyebutkan 5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja
- Membedakan perubahan fisik dan psikis pada remaja putra dan remaja putri
Proses
- Mengidentifikasi 3 contoh perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
- Menjelaskan alasan perubahan fisik dan psikis pada usia remaja secara sederhana
Ketrampilan
- Berperilaku positif dalam menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
IV.
Nilai – nilai dan Karakter Bangsa :
- Rasa ingin tau dan Mandiri dalam kehidupan yang sehat.
V.
Tujuan :
Produk
- Diberi pertanyaan tentang perubahan masa remaja siswa dapat menyebutkan 5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja
- Diberi tugas untuk diskusi siswa dapat membedakan perubahan fisik yang terjadi pada remaja putra dan remaja putri
Proses
- Diberikan gambaran dan penjelasan tentang perubahan masa remaja siswa dapat mengidentifikasi perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
- Ditanyakan tentang alasan perubahan masa remaja siswa dapat menjelaskan tentang alasan perubahan fisik dan psikis yang dialami pada masa remaja
Ketrampilan
- Dalam berperilaku sehari hari siswa dapat berpeilaku positif dalam menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
VI.
Topik / Materi :
"Perubahan Masa Remaja"
VII.
Metode :
1. Model Bimbingan Klasikal
2. Model Bimbingan Kelompok
Metode Presentasi, diskusi dan
pemberian tugas
VIII. Kegiatan
:
Pendahuluan (5 menit)
- Memotivasi siswa sekaligus memberikan penjelasan dan gambaran fakta perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
- Menyampaikan inti tujuan bimbingan meliputi produk, proses dan ketrampilan sosial.
Inti (25 menit)
- Guru BK menanyakan alasan terjadinya perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
- Guru BK menunjukkan 3 gambar yang terdiri dari 1 gambar orang dewasa, 1 gambar anak remaja, dan 1 gambar anak balita
- Siswa diminta mengidentifikasikan perbedaan dan perubahan yang terjadi dari masa kanak kanak menuju masa remaja.
- Guru BK meminta siswa untuk mendiskusikan 5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
- Guru BK meminta 10 siswa untuk menyebutkan satu persatu perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada dirinya sendiri
- Guru BK memberikan penjelasan bagaimana seharusnya bersikap menghadapi masa remaja
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan berpendapat tentang materi yang sedang dibahas
Penutup (10 menit)
v
Guru BK menekankan dan memberikan penguatan akan
pentingnya bersikap menerima secara positif terhadap setiap perubahan yang
terjadi pada diri sendiri
v
Siswa diberi tugas merangkum
IX.
Alat dan Sumber Belajar :
Sumber belajar : Buku Bimbingan dan Konseling SMP
Alat : LCD, Buku siswa
X.
Penilaian :
1. Pengamatan terhadap layanan BK
2. Tertulis
a.
Lp Produk
b.
Lp Proses
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. JUKI, M.Pd
NIP.
196603091999031001
|
Kepohbau, 01 Juli
2011
Guru BK
MOCH. MUFID MURTADHO S.Pd
|
PERUBAHAN
MASA REMAJA
Ringkasan
Materi
Masa
remaja merupakan masa transisi dari masa kanak kanak menuju masa dewasa. Manurut
klasifikasi World Health Organization (WHO) masa remaja terjadi antara usia 10
s/d 19 tahun. Pada masa tersebut terjadi, remaja mengalami pertumbuhan fisik
yang sangat pesat, sehingga apabila remaja tidak mendapatkan penjelasan yang
baik tentang perkembangan ini dari orang dewasa, maka akan dapat menimbulkan
kegoncangan pada mentalnya.
Masa
remaja disebut juga masa puber, dimana terjadi banyak perubahan dalam diri
remaja baik secara fisik maupun mental. Adapun ciri ciri perubahan yang terjadi
pada masa remaja secara biologis dan sosiologis antara lain :
Remaja pria :
Tumbuh
rambut pada daerah tertentu
Suara
jadi membesar
Tumbuh
jakun pada tenggorokannya
Mulai
berfungsi organ reproduksinya
Dada
dan bahu semakin bidang
Mengalami
mimpi basah
Remaja putri :
Tumbuh
rambut pada daerah tertentu
Dada
dan pinggul membesar
Suara
cenderung melengking
Mulai
berfungsi organ reproduksinya
Menstruasi
Gelisah
bila mendekati menstruasi
Kulit
cenderung halus dan tumbuh jerawat
Sedangkan ciri ciri perubahan mental atau
psikis pada masa remaja antara lain :
Cenderung
emosional, mudah marah, takut, cemas, rasa ingin tahu dan lain lain
Munculnya
rasa tertarik antara laki laki terhadap perempuan atau sebaliknya
Ingin
diperlakukan seperti orang dewasa
Keadaaan
emosi yang tidak stabil, kesedihan tiba tiba berganti kegembiraan, rasa percaya
diri tiba tiba berganti ragu ragu, biasanya mementingkan orang lain tiba tiba
mementingkan diri sendiri.
Mencari
jati diri dengan mengidolakan orang orang sukses di sekitarnya atau orang yang
dikenalnya
Masa remaja juga ditandai dengan munculnya
berbagai permasalahan yang harus dihadapi, antara lain :
ü Masalah yang berhubungan dengan keadaan
jasmaninya
ü Masalah yang berhubungan dengan keluarga
dan masyarakatnya
ü Masalah yang berhubungan dengan lawan
jenisnya
ü Masalah yang berhubungan dengan mental dan
emosinya
ü Masalah yang berhubungan dengan rasa ingin
tahu dan cita citanya dan lain lain
Apa yang harus dikerjakan oleh remaja supaya
mereka dapat beradaptasi dengan perubahan diri sendiri dan dapat diterima oleh
lingkungannya ?
Tugas perkembangan remaja yang harus
dilakukan antara lain :
a. Menerima keadaan jasmaninya
b. Mendapatkan hubungan yang baru dan lebih
matang dengan teman teman sebaya baik pria maupun wanita
c. Menerima keadaannya sebgai pria atau
wanita dan belajar hidup sesuai dengan keadaannya
d. Mendapatkan gambaran mengenai dirinya
sendiri
e. Mendapatkan kemampuan untuk mandiri dalam
masalah ekonomi
f. Mendapatkan kebebasan emosional dari orang
tua dan orang dewasa lainnya
g. Mendapatkan nilai hidup dan falsafah hidup
Masa
remaja merupakan masa yang paling penting, yang akan menentukan keberhasilan
pada masa selanjutnya. Secara fisik usia remaja berada pada periode
perkembangan yang optimal dibanding periode lainnya, remaja punya cukup banyak
energi yang dipergunakan, punya otot otot fisik yang kuat. Secara psikis
kemampuan konsentrasi remaja ada dalam kondisi prima. Seorang remaja mampu
mengingat jauh lebih baik dibanding kemampuan mengingat jauh lebih baik
dibanding kemampuan mengingat orang dewasa dan anak anak.
Menjadi
remaja memang tidak mudah karena memang banyak sekali tantangan dan
permasalahan yang harus dihadapi, namun semua itu tergantung pada diri remaja
itu sendiri bagaimana cara mengatasinya, asal ada kemauan pasti ada jalan. Ada
dua hal yang penting bagi remaja :
1. Mengenal diri sendiri
2. Menentukan arah dan cita cita sesuai
dengan bakat, minat dan kemampuan diri
Good Luck
Tugas dan Latihan
Pemecahan Masalah
A. Tuliskan perubahan fisik yang kamu
alami dan masalah yang timbul akibat
dari perubahan itu !
No
|
Perubahan fisik
|
Masalah yang timbul akibat perubahan itu
|
1
|
Tumbuh bulu dan rambut pada daerah tertentu
|
..........................................................................
|
2
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
3
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
4
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
5
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
6
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
7
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
B. Tuliskan perubahan psikis yang kamu
alami dan masalah yang timbul akibat
dari perubahan itu !
No
|
Perubahan Psikis
|
Masalah yang timbul akibat perubahan itu
|
1
|
Mudah marah
|
..........................................................................
|
2
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
3
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
4
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
5
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
6
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
7
|
.................................................................
|
...........................................................................
|
C. Diskripsikan sifat sifat dan ciri ciri psikis
dari diri kamu sendiri !
1. Siapakah saya ?
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
2. Apakah kelebihan saya ?
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
3. Apakah kelemahan / kekurangan saya ?
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN
KONSELING
(RPBK)
Kelas / Semester :
VII / Ganjil
Alokasi waktu :
1 x 40 menit
Topik / Materi :
"Rokok dan bahayanya"
Tugas
perkembangan 2 : Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta
dinamis
terhadap
perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang
sehat.
Bidang Bimbingan :
Pribadi
Fungsi Bimbingan :
Pemahaman dan pencegahan
Jenis Layanan :
Informasi
I.
Standart Kompetensi :
Memahami perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
II.
Kompetensi Dasar :
Cara Pengembangan pengaruh positif dan menghindari pengaruh negatif
III.
Indikator :
Produk
- Menyebutkan 3 dampak negatif merokok
- Membedakan perilaku yang sesuai dengan pola hidup sehat dan pola hidup tidak sehat
Proses
- Mengidentifikasi 3 contoh perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
- Menjelaskan alasan perubahan fisik dan psikis pada usia remaja secara sederhana
Ketrampilan
- Berperilaku positif dalam menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
IV.
Nilai – nilai budaya dan karakter bangsa.
- Mandiri dalam hidup yang sehat.
V.
Tujuan :
Produk
- Diberi pertanyaan tentang perubahan masa remaja siswa dapat menyebutkan 5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja
- Diberi tugas untuk diskusi siswa dapat membedakan perubahan fisik yang terjadi pada remaja putra dan remaja putri
Proses
- Diberikan gambaran dan penjelasan tentang perubahan masa remaja siswa dapat mengidentifikasi perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
- Ditanyakan tentang alasan perubahan masa remaja siswa dapat menjelaskan tentang alasan perubahan fisik dan psikis yang dialami pada masa remaja
Ketrampilan
- Dalam berperilaku sehari hari siswa dapat berpeilaku positif dalam menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
VI.
Topik / Materi :
"Perubahan Masa Remaja"
VII. Metode
: 1. Model
Bimbingan Klasikal
2. Model Bimbingan Kelompok
Metode Presentasi, diskusi dan
pemberian tugas
VIII. Kegiatan :
Pendahuluan (5 menit)
- Memotivasi siswa sekaligus memberikan penjelasan dan gambaran fakta perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
- Menyampaikan inti tujuan bimbingan meliputi produk, proses dan ketrampilan sosial.
Inti (25 menit) BELUM
- Dalam keadaan siswa duduk berkelompok guru BK menanyakan alasan perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja ?
- Guru BK meminta siswa untuk mendiskusikan 5 perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada masa remaja
- Guru BK meminta siswa untuk mendiskusikan suatu kasus dan mengidentifikasi sikap positif dan negative dalam menghadapi masalah untuk mengembangkan karir
- Guru BK memberi gambaran tentang sikap positif dalam menghadapi masalah untuk mengembangkan karir
- Secara bergantian masing-masing kelompok menyajikan hasil kerja kelompok, siswa dari kelompok lain menanggapi.
Penutup (10 menit)
v
Guru BK menekankan dan memberikan penguatan akan
pentingnya bersikap positif dalam menghadapi masalah
v
Siswa diberi tugas merangkum
IX.
Alat dan Sumber Belajar :
Sumber belajar : Buku Bimbingan dan Konseling SMP
Alat : LCD, Buku siswa
X.
Penilaian :
1. Pengamatan terhadap layanan BK
2. Tertulis
a.
Lp Produk
b.
Lp Proses
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. JUKI, M.Pd
NIP.
196603091999031001
|
Kepohbau, 01 Juli
2011
Guru BK
MOCH. MUFID MURTADHO S.Pd
|
ROKOK
DAN BAHAYANYA
Ringkasan
Materi
Sebagian
orang ada yang beranggapan bahwa merokok itu sebagai suatu kebanggaan. Karena
dengan merokok orang lain akan melihat bahwa si perokokk menjadi sosok individu
yang berdompet tebal alias banyak uang. Ada pula yang berpendapat merokok
sebagai simbil kelaki lakian, sehingga
kalau ada seorang laki laki yang tidak merokok dianggap kurang gentelman.
Pernyataan
pernyataan di atas tidak bisa dibenarkan begitu saja, apa iya sih untuk
mengetahui kondisi seseorang cukup diukur dengan sebatang rokok ? tanpa
disadari kadangkala pernyataan tersebut bisa mempengaruhi pikiran seseorang
untuk merokook tanpa memperhatikan efek negatifnya.
Bagi
sekelompok orang, merokok menjadi suatu keharusan karena mereka sudah memasuki
"tahap pecandu". Kenapa orang bisa menjadi pecandu rokok ? karena
dalam setiap batang rokok itu mengandung nikotin yang berakibat menimbulkan
rasa ketergantungan atau ingin menggunakan kembali secara terus menerus. Itu
sebabnya banyak perokok yang ingin menghentikan kebiasaan merokoknya menjadi
hal yang amat sulit.
Lalu bahaya dan kerugian merokok itu apa saja ? secara ringkas
tentang bahaya merokok diantaranya sebagai berikut :
- Bahaya bagi kesehatan tubuh
Menurut hasilk penelitian, ternyata rokok
mengandung zat zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Zat kimia
yang dimaksud sepeeti hidrogen sianide (racun yang biasa digunakan untuk
hukuman mati), Arsenic (racun semut putih), butone (bahan industri korek api),
Carbon monoxide (gas beracun yang keluar dari knalpot), nekotin (racun pada
tembakau), dan lain lain.
Wah bayangkan saja organ tubuh kita banyak
yang rusak dan kita mudah terserang penyakit. Menurut medis bahaya merokok bisa
mengakibatkan sakit paru paru, jantung, liver, kangker, kemandulan, impotensi
dan lain lain.
Pada sebuah mading di rumah sakit kita
temui ungkapan tertulis " matikan rokok anda sebelum rokok mematikan
anda". Wah sampai sejauh itu ya saran tim medis. Dalam hal ini pemerintah
jugas sudah memberi peringatan kepada warga masyarakat, baik melalui penyuluhan
secara langsung maupun melalui media tertentu, bahkan pada bungkus rokok juga
tertulis dengan jelas.
- Kerugian merokok dilihat dari segi sosial
Hembusan asap dari seorang perokok
disadari atau tidak, ternyata bisa merugikan orang lain. Selain menimbulkan
polusi udarayang tidak menyehatkan, asap rokok juga mengganggu kenyamanan dan
keamanan bagi orang lain. Itu sebabnya bila merokok disembarang tempat tanpa
melihat situasi dan kondisi, perokok seringkali menerima sindiran atau kecaman
dari orang lain. Wah repot juga jadi perokok ? Pecandu rokok terkadang bersikap
kurang kendali dalam merokok. Hal itu muncul karena unsur ketagihan atau
dorongan rasa candu yang sudah menyerang psikologisnya. Pecandu rokok ada yang
menyatakan " saya tidak bisa berfikir dengan tenang jika tidak sambil
merokok. Ini artinya pengaruh negatif rokok sudah mengganggu fungsi susunan
syaraf dan kinerja otak manusia.
Dalam kondisi sosial tertentu, misalnya
acara rapat kerja, diskusi ilmiah dan lain lain yang membutuhkan konsentrasi
tinggi, tentu kita jadi serba salah kalau mengalami ketergantungan pada si
batang rokok. Pada akhirnya pengembangan kualitas diri kita terhambat dan
kurang bisa optimal.
- Kerugian merokok dari segi ekonomi
Kebanyakan awal mula seseorang menjadi
perokok disebabkan oleh faktor pergaulan. Mula mula seseorang disuruh coba coba
bahkan diberi cuma Cuma atau gratis oleh
orang atau teman perokok. Tentu saja dari segi keuangan belum terasa, tetapi
lama kelamaan mau rokok ... jangan minta, beli ...! tanpa disadari isi
dompetpun kian hari semakin menipis buat membeli asap rokok. Bagi mereka yang
sudah kerja dan punya gaji besar mungkin tidak ada masalah, tetapi bagi mereka
yang gajinya kecil atau pas pasan bisa jadi masalah besar. Lalu bagaimana
dengan yang pengangguran ? bagaimana juga dengan anak remaja yang belum bekerja
? sumber dana hanya dari orang tua, apalagi ekonomi orang tua tergolong pas
pasan. Belum lagi kalau terserang penyakit kronis, seperti paru paru, jantung, liver
dan lain lain. Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk biaya pengobatan ? bisa
bisa kondisi keuangan keluarga kita jadi ludes alias berantakan. Haruskah kita
menjadi perokok ?
Tugas
dan Latihan Pemecahan Masalah
Andi adalah seorang remaja berusia 18 tahun, ia sakit dan setelah menjalani
pemeriksanaan oleh tim medis secara intensif, Andi dinyatakan positif mengidap
sakit jantung. Andi mengakui memang dirinya sudah lama merokok, sehingga dokter
menganjurkan Andi untuk opname selama
proses pengobatan. Andi yang menjadi salah satu siswa SMU Tunas Bangsa
itu terbaring lemah dan sudah 3 minggu tidak bisa masuk sekolah, padahal
seminggu lagi waktunya ujian semester.
Orang tua Andi baru mengetahui kalau
anaknya pecandu rokok. Orang tua Andi nampak kebingungan, disatu sisi melihat
anaknya terbaring sakit, disisi lain harus berfikir tentang biaya pengobatan
yang cukup mahal padahal kondisi ekonomi keluarga sangat lemah.
Dari gambaran cerita Andi diatas,
bentuklah kelompok dan diskusikan dengan teman kamu pertanyaan dibawah ini !
1.
Sebutkan 3 dampak negatif kebiasaan Andi merokok ?
2.
Apakah sikap Andi tersebut sudah mengikuti pola hidup
sehat ?
3.
Sebagai teman yang baik, tindakan apa yang bisa kamu
lakukan untuk temanmu yang mengalami masalah seperti contoh diatas ?
4.
Apa yang sebaiknya kamu lakukan, jika kamu ditawari rokok
oleh teman kamu padahal kamu bukan perokok ?
5.
Setelah memahami dampak negatif rokok, apa keputusan kamu
dalam hal ini ? jelaskan pendapatmu !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar